Robot ini akan menghantarkan Bola Besi Baja dan menurunkan nya di lubang semburan, yang namanya Robot berarti diatasnya tidak ada orang yang ikut ke lokasi semburan, karena manusia nyawanya tidak bisa di nilai dengan uang, tapi robot walaupun kebakaran ada nilai uangnya. Maka saya ciptakan alat ini dengan memperhitungkan keselamatan kerja dan harus betul-betul meneliti dampaknya.

Untuk membuat Robot ini dibutuhkan bahan sebagai berikut :
1. Drum bekas oli kurang lebih 1500 Buah
2. Kayu papan tiang rusuk Kampilan kurang lebih 100 M3 + triplek secukupnya.
3. Plat besi kurang lebih 10 Ton berbagai ukuran dan tebal
4. 60 Set Baling-baling perahu dan dinamonya.
5. 4 set Kran lier untuk menurunkan dan menaikan Bola Besi Baja
6. 1 Set Tower
7. Ribuan Meter Sling dan Roll
8. Katup Buka diatasnya akan tersimpan Bola Besi Baja
9. Alat penyelamat Robot terdiri cerobong kap dan gas 4 set 20 blower besar 20 jet pump kuat
10. Tenaga Listrik kurang lebih 300 kilo watt
karena diatas robot ini menggunakan dinamo otomatis listrik

Cara Membuat
Robot ini dibuat dibagian dalam tanggul, membuat kolam disesuaikan dengan kebutuhan. Sedot airnya sampai kering baru kita bisa merakit.
Aliran listrik terbentang kabel secukupnya keatas robot, stop kontak atau panel cukup diatas tanggul hanya operator yang bekerja,
setelah robot jadi tanggul bagian depan dibuka air masuk kolam, baling-baling perahu di stel baru siap digunakan.

Robot dengan bentangan 25 x 25 Meter
Tujuannya diusahakan agar Robot ini tenggelam diatas permukaan air hanya kurang lebih 60 cm dan karena beban berat.
dengan bentangan luas tersebut Robot akan mampu meredam panas didaerah sekitar dan setelah robot menurunkan Bola besi baja akan dilanjutkan penimbunan tanah, otomatis ada orang dan untuk meratakan tanah ada operator alat berat Doser Bechko bisa bekerja dan apabila Robot penghantar dan robot pembantu selesai bekerja dilubang semburan dua robot akan digandeng dan akan terjkadi bentangan 40 x 25 Meter.


Robot Pembantu Bentangannya 15 x 25 Meter
Tugasnya lebih berat dan lama, pertama harus menyedot lumpur, selanjutnya membongkar tanggul.
Alat ini bekerja untuk mendapatkan kedalaman air rata-rata 1 meter dan lebar kurang lebih 30 meter ke lubang semburan, tujuannya agar robot penghantar aman masuk lokasi semburan. Robot pembantu kebutuhannya sama dengan robot penghantar, hanya ada tambahan 30 set pompa air. Robot pembantu bekerja kesegala arah maka yang dipasang pompa air dan lumpur hanya bagian depan samping kiri dan kanan.

Cara kerja Robot pembantu mendorong air dengan menggunakan baling-baling perahu, air akan mendorong lumpur, kemudian lumpur di sedot pompa air. Maka apabila robot pembantu selesai bekerja akan terbentang kolam atau danau panjang sampai lubang semburan dan lebar kurang lebih 30 meter.

Robot Penghantar
di robat ini banyak alat sebagai berikut  kegunaanya, fungsinya atau manfaatnya secara teknik, keamanannya.




Papan Kampilan Tiang Triplek (Kayu)
kayu ini akan digunakan untuk merakit Drum dan menutup semua bagian agar betul-betul rapat.
Jadilah sebuah ponton berukuran 25 x 25 Meter. Di tengah ponton diberi lubang ukuran 1,5 x 1,5 Meter untuk menurunkan bola besi baja dan akan dipasang katup buka untuk menyimpan bola besi baja. Disekitar lubang tengah dibutuhkan kuat, maka di sekitar daerah itu akan dipasang plat baja kurang lebih 5 ton, bentangannya 5 x 5 meter dengan ketebana plat  2 cm. Karena di daerah tengah akan tersimpan beban berat terdiri dari Roll Slink1000 Kg 4 buah = 4 Ton. Tower Set 2 Ton dan bola besi baja 4 Ton.

Setelah plat dipasang akan dilas baut untuk dudukan tower dudukan Roll Slink dan dinamo kemudian ditutup lagi papan. Karena Baut dudukan sudah ada kemudian pasang Tower, Bola besi baja, Dinmo dan Roll Slink.


Categories: